Bandara Ahmad Yani Semarang

Bandar Udara Ahmad Yani Semarang merupakan satu-satunya bandara di Semarang, sekaligus pintu gerbang udara di ibu kota Jawa Tengah. Bandara yang menggunakan nama salah satu pahlawan revolusi ini melayani penerbangan ke berbagai kota di tanah air dan juga manca negara.

Gerbang Masuk Bandar Udara Semarang

Dulunya airport ini merupakan pangkalan udara angkatan darat, dan berubah menjadi bandar udara komersial sesudah dibentuk Perwakilan Dirjen Perhubungan Udara yang diputuskan bersama oleh Panglima Angkatan Udara, Menteri Perhubungan, dan Panglima Angkatan Darat.

Bandara Ahmad Yani Semarang

Seiring meningkatnya jumlah dan frekuensi penerbangan sipil, terhitung tanggal 1 Oktober 1995 kepemilikan dan pengoperasian bandar udara yang berada dekat Kalibanteng ini diserahkan kepada PT. Angkasa Pura I dengan pembinaan teknis tetap dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kualitas pelayanan bandara.

Ahmad Yani International Airport

Belakangan, karena semakin meningkatnya arus global dan tuntutan perkembangan dunia penerbangan, sejak tahun 2004 bandara Ahmad Yani resmi menjadi bandara Internasional, yang ditandai dengan penerbangan maskapai Garuda Indonesia Semarang – Singapura.

Landasan Bandara Ahmad Yani Semarang

Bandara Internasional Ahmad Yani
Jalan Puad Ahmad Yani
Semarang 50145 – Indonesia
Telepon : +62 24 7607596
Fax : +62 24 7603506
Website : www.achmadyani-airport.com
Koordinat GPS: -6.975128,110.378534

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *