Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak yang berada di kelurahan Bintoro, kabupaten Demak, Jawa Tengah ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid yang menjadi kebangaan masyarakat Demak ini, menjadi tujuan wisata religi atau ziarah yang tak pernah sepi oleh pengunjung/peziarah, baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara.

Masjid Agung Demak

Masjid Agung ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena sangat erat kaitannya dengan sejarah Walisongo (Wali Sembilan) dan penyebaran Islam di Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1478 oleh Walisongo pada saat pemerintahan Raden Fatah.

Foto Masjid Agung Tempo Dulu

Masjid ini dipercaya menjadi tempat berkumpulnya para wali untuk berdiskusi mengenai metode penyebaran Islam di Nusantara khususnya di tanah Jawa.

Gambar Mesjid Agung Demak

Masjid yang karismatik ini mempunyai keistimewaan berupa arsitektur khas ala Nusantara. Berbeda dengan masjid-masjid modern masa kini yang menggunakan kubah dan bergaya arsitektur timur tengah, mesjid yang menjadi ikon pariwisata kabupaten Demak ini menggunakan atap limas bersusun tiga yang berbentuk segitiga sama kaki. Limas bersusun tiga ini sebagai perlambang dan mempunyai makna, yaitu bahwa seorang beriman perlu menapaki tiga tingkatan penting dalam keberagamaannya: Iman, Islam, dan Ihsan.

Ruang Utama Mesjid Agung Demak

Masjid yang berada di tengah-tengah kota dan menghadap alun-alun Demak ini, memiliki bangunan induk dan serambi. Bangunan induk yang merupakan ruang utama masjid mempunyai luas 31 x 31 meter persegi.

Soko Guru Masjid Agung Demak

Di dalam bangunan induk terdapat 4 buah tiang kayu besar yang dikenal dengan soko guru yang dibuat oleh empat wali dari Wali Songo.

Mihrab Masjid Agung Demak

Serambi mesjid berbentuk bangunan terbuka berukuran 31 x 15 meter persegi, atapnya berbentuk limas yang ditopang delapan tiang yang disebut Saka Majapahit.

Serambi Masjid Agung Demak

Di dalam kompleks Masjid ini juga terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak dan keluarganya. Terdapat pula museum yang berisi peninggalan berkaitan sejarah dan riwayat berdirinya Masjid Agung Demak.

Situs Kolam Wudlu Masjid Agung Demak

Foto Masjid Agung Demak

Berikut ini adalah koleksi foto dan gambar tentang masjid Agung Demak yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Tempat Sholat Raja Demak Zaman Dahulu

Dari foto masjid tempo dulu, foto masjid terkini, ruang utama masjid dengan empat soko guru yang terkenal tersebut, keindahan mimbar masjid, mihrab masjid yang penuh makna dan perlambang dan makan Raden Fatah yang berada di samping masjid.

Makam Raden Fatah Demak

Tak ketinggalan juga, pernak pernik atau ornamen yang sudah ada sejak didirikannya Masjid Agung ini pada abad ke-15, seperti gentong zaman dinasti Ming, dan pintu petir atau biasa disebut Lawang Bledeg oleh orang Jawa.

Bedug Masjid Agung Demak

Gentong Dari Dinasti Ming Di Masjid Agung Demak

Pintu Petir Lawang Bledeg

Lokasi Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak berlokasi tepat di tengah kota, menghadap alun-alun yang merupakan jantung kota Demak yang terkenal dengan sebutan kota wali ini. Untuk mencapai masjid ini cukup mudah karena jalurnya dilewati transportasi umum, dan berada di jalur utama pantura (jalan negara) yang menghubungkan Jakarta – Semarang – Surabaya.

Foto Masjid Agung Tampak Depan

Dari arah Semarang, bila menggunakan angkutan umum (bus) bisa turun di terminal Demak, dilanjutkan dengan menggunakan becak atau ojek dari terminal ke kawasan masjid Agung. Karena sekalipun masjid warisan walisongo ini berada di jalur transportasi umum, ada larangan berhenti di sepanjang jalur kota Demak, dan angkutan umum hanya diijinkan berhenti di terminal.

Museum Masjid Agung Demak

Begitu juga bila datang dari arah Jepara, Kudus, atau kota-kota lain yang berada di sebelah timur kabupaten Demak, pun dari wilayah selatan, seperti Purwodadi dan sekitarnya, bisa dengan menaiki angkutan umum dan berhenti di terminal kota Demak.

Beda halnya bila menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil, bisa langsung menuju kawasan masjid Agung dan parkir di taman parkir yang tersedia di dekat kompleks masjid.

Alamat Masjid Agung Demak:

Jalan Raya Sultan Fatah No.57
Demak – Jawa Tengah 59511
Koordinat GPS: -6.894687,110.637985

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *